06 December 2014

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware


Hello sobat DK dimanapun anda berada pastinya sobat semua sudah tidak asing lagi mendengar virus malware. Jika kamu sering mendownload software gratis, akan ada beberapa hambatan saat kamu menginstall software tersebut. Kamu akan menemukan malware, adware atau software installer lainnya di dalam software tersebut yang bisa mencoba pengaturan browser kamu berubah, seperti home page, search engine, atau toolbar yang bertambah. Agar kamu tidak mendapatkan hal-hal yang demikian kamu harus berhati-hati saat proses installasi software gratis.


Tetapi bagaimana kamu sudah menginstallnya dan membuat perubahan pengaturan pada browser yang kamu miliki? Padahal mengubah pengaturan browser seperti semula sangatlah sulit. Berikut ini saya akan memberikan petunjuk cara memperbaiki pengaturan browser yang terkena Malware, Adware atau Software lainnya.

PENGATURAN SEARCH ENGINE
Kalau pengaturan search engine kamu sudah berubah dan kamu ingin mengaturnya ke pengaturan semula, berikut ini saya akan memberikan tutorial cara memperbaiki search engine di browser.
  • Internet Explorer : Pertama-tama klik icon Gear untuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih Manage Add-ons. Kemudian klik menu Search Providers, klik kanan pada provider search engine yang biasa kamu gunakan dan pilih Set as default.
  • Mozilla Firefox : Klik icon search engine di search box dan pilih Search engine yang kamu inginkan.
  • Google Chrome : Pada URL bar, klik kanan dan pilih Edit search engine.. Setelah itu klik provider Search Engine yang kamu inginkan dan pilih Make as default.


PENGATURAN HOME PAGE
Tidak hanya search engine saja yang diubah, biasanya home page juga berubah. Home page akan berisi dengan banyak iklan dan ini akan mengganggu kamu. Berikut ini cara mengubah home page default di berbagai browser yang biasanya kamu gunakan.
  • Internet Explorer : Pertama-tama klik icon Gear untuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih Internet Options. Kemudian klik tab General dan ubah url Home page tersebut.
  • Mozilla Firefox : Klik tombol Firefox, pilih Options, klik tab General dan ubah url Home page.
  • Google Chrome : Pilih menu Pengaturan Chrome, klik Settings di menu sebelah kiri, dan centang menu Show Home di bawah appearance. Setelah itu akan muncul menu Change, pilih home page yang kamu inginkan dan klik OK.

TOOLBAR DAN EXTENSI BROWSER
Toolbar juga menjadi salah satu software yang diinstall pada browser ketika kamu menginstall software dengan tidak awas. Salah satu toolbar yang terkenal adalah Ask toolbar yang kamu dapatkan dari software oracle Java. Berikut ini saya akan memberikan cara untuk menghilangkar toolbar dan extensi browser.

  • Uninstall dari Control Panel : Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mendapatkan toolbar di browser kamu adalah membuka Control Panel. Jika ada software yang berhubungan dengan toolbar, maka coba uninstall toolbar tersebut dari sini. Bila toolbar tidak ada disini, berarti dia termasuk extensi.
  • Internet Explorer : Klik icon gear, pilih Manage add-ons, dan klik Toolbars and Extensions. Coba lihat toolbar apa saja yang terinstall, jika kamu sudah menemukan toolbar yang tidak diinginkan, klik toolbar tersebut dan pilih Disable.
  • Mozilla Firefox: Klik tombol Firefox dan pilih menu Etensions. Kemudian klik Add-ons dan klik tombol Disable untuk mematikan add-on toolbar.
  • Google Chrome: Pilih tombol setting Chrome, pilih menu Settings yang berada di kiri dan pilih kategori Extensi di sisi kiri window. Hilangkan centang pada menu Enable pada extensi yang tidak kamu inginkan.

Sekian tips singkat buat sobat semua..jangan lupa tinggalkan komentar anda disini, terimakasih!

14 comments:

  1. Terimakasih tipsnya gan . sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan

      makasih atas kunjungan nya

      Delete
  2. terimakasih. bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  3. Nah iya gan, kalo saya ingin tau apakah browser saya itu bagaimana? Kan kita harus bisa mengecek dahulu sebelum mengatasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy bener gan..kita harus tau dulu apa yang menjadi permasalahan pada broser kita sebelum di perbaiki

      Delete
  4. Thanks tipsnya gan.. membantu banget
    soalnya browser ane banyak banget adware yg sangat mengganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan

      Terimakasih sudah berkunjung

      Delete

- Dilarang promosi Iklan di blog ini
- Dilarang meninggalkan link aktif !
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten !