12 November 2014

Cara Instal Driver Android Untuk Semua Merek Ponsel

Untuk menghubungkan ponsel ataupun tablet Android ke PC, dibutuhkan driver yang sesuai supaya komputer dapat mengenali perangkat Android yang sedang terkoneksi. Di luar sana terdapat puluhan hingga ratusan merek ponsel dan tablet Android, menemukan driver yang tepat terkadang menjadi kesulitan tersendiri. Namun, ada sebuah trik sederhana untuk memperoleh driver dari smartphone ataupun tablet Android yang sesuai untuk hampir semua perangkat yang tersedia di pasar saat ini.
Cara ini telah Dunia Komputer uji menggunakan beberapa smartphone dan tablet Android merek lokal yang kami hubungkan dengan komputer yang menjalankan OS Windows 7. Dunia Komputer yakin bahwa metode ini juga bisa berjalan untuk perangkat Android lain, dan untuk komputer dengan OS Windows XP ataupun Windows 8.

Untuk memulainya, silahkan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

Cara instal driver Android di PC
  • Download PdaNet di sini (PdaNet merupakan sebuah aplikasi gratis untuk berbagi koneksi internet antara perangkat Android dan PC via kabel USB, besar file PdaNet 4.7MB)
  • Jika ponsel/tablet Android masih terhubung dengan PC, lepaskan kabel USB dari komputer . Kemudian lakukan proses instalasi.
Pada tahapan ini, jika sebelumnya kamu telah menginstal driver, akan muncul jendela pop-up yang menawarkan; apakah kamu akan mempertahankan driver lama atau menginstal ulang menggunakan PdaNet. Klik saja ‘Yes’ untuk melanjutkan.


  • Pada jendela pop-up, pilih vendor perangkat Android yang sesuai. Jika kamu tidak yakin atau merek perangkat Android tidak ada dalam daftar, pilih saja ‘other’.
  • Akan muncul sebuah jendela peringatan “Windows can’t verify the publisher of this driver software”. Jangan cemas, klik saja “Install this driver software anyway” untuk melanjutkan.
Catatan: jendela peringatan ini bisa muncul beberapa kali.

  • PdaNet akan meminta untuk menghubungkan perangkat Android ke PC menggunakan kabel USB. Sebelum menghubungkannya, perhatikan bahwa:
  1. Perangkat Android harus dalam mode “Debug USB” (masuk Pengaturan –> Pilihan pengembang –> centang pada kotak Debug USB)
  2. Jika muncul jendela “New Hardware Wizard”, pilih “Install the software automatically”.
  • PdaNet dan driver perangkat Android kamu selesai diinstal.
Dengan cara ini, kamu dapat menginstal driver yang diperlukan untuk perangkat Android yang hendak dihubungkan dengan PC menggunakan kabel USB. Setelah instalasi driver selesai, kamu bisa menghapus / uninstall PdaNet dari komputer tanpa harus khawatir kehilangan driver.

Bagaimana, Mudah bukan?

No comments:

Post a Comment